Rabu, 07 September 2016

Komparatif Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together dan Think Pair Shere


ABSTRAK

Yunus Adiantor SL. Komparatif Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together dan Think Pair Shere dengan Media Roda Impian Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Minyak Bumi Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Fakfak Tahun Pelajaran 2015/2016.

            Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan antara penggunaan metode Numbered Heads Together (NHT) dengan metode Think Pair Shere (TPS) dengan media roda impian terhadap prestasi hasil belajar siswa Kelas XI MIPA pada materi minyak bumi.
            Penelitian dilaksanakan dan berlokasi di SMA Negeri 1 Fakfak Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat. Bentuk metode yang digunakan dalam penelitian adalah motode eksperimen langsung di lapangan. Populasi penelitian siswa kelas XI MIPA yang terdiri dari 5 kelas. Kelas XI MIPA 2 berjumlah 44 siswa merupakan kelas eksperimen 1 dengan perlakuan pembelajaran tipe NHT sedangkan Kelas XI MIPA 5 berjumlah 41 siswa berfungsi sebagai kelas eksperimen 2 dengan perlakuan pembelajaran tipe TPS. Jumlah keseluruhan adalah 85 sampel diperoleh dengan cluster random sampling, hasilnya dianalisis dan diuji dengan statitistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata - rata hasil belajar pada materi minyak bumi antara siswa yang pembelajaranya menggunakan model NHT sebesar 65,086 sedangkan model TPS sebesar 72,366, dengan pengujian perbedaan rata - rata menggunakan  uji t – test diperoleh bahwa t hitung sebesar 2,989 dan t tabel sebesar 1,99 pada taraf signifikan 5%, dimana t hitung > t tabel ,nampak bahwa rata - rata hasil belajar antara kelas eksperimen 1 (NHT) dengan kelas eksperimen 2 (TPS) berbeda secara nyata, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS lebih baik dari pada model pembelajaran NHT pada mata pelajaran kimia khusunya minyak bumi. Penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi ilmiah kepada semua guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran TPS pada semua bidang studi (materi lainnya) dan bagi siswa menjadi motovasi diri untuk belajar lebih aktif gunakan meningkatkan nilai akademik di sekolah.    


Kata kunci:

komparatif, metode, Numbered Heads Together (NHT), Think Pair Shere (TPS), roda impian, minyak bumi, hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan statistik dan analisis.  

0 komentar:

Posting Komentar