Jumat, 16 September 2016

Termokimia Dengan Analogi

MENGAJARKAN TERMOKIMIA DENGAN ANALOGI

Sebagian aspek kimia bersifat ‘kasat mata’ (visibel), artinya dapat dibuat fakta konkritnya dan sebagian aspek yang lain bersifat abstrak atau ‘tidak kasat mata’ (invisibel), artinya tidak dapat dibuat fakta konkritnya. Namun demikian, aspek kimia yang tidak dapat dibuat fakta konkritnya harus bersifat ‘kasat logika’, artinya kebenarannya dapt dibuktikan dengan logika sehingga rasionalitasnya dapat dirumuskan/diformulasikan (Ernavita, 2003). Khususnya untuk aspek yang abstrak diperlukan suatu kreativitas dari guru agar konsep tersebut dapat diterjemahkan oleh siswa menjadi konkrit.

Salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru untuk mengajarkan konsep kimia yang abstrak tersebut adalah melalui penggunaan analogi yang sesuai dengan konsep. Penggunaan analogi yang sesuai konsep diharapkan mampu membantu siswa memvisualisasikan konsep abstrak dengan kehidupan nyata , sehingga dengan demikian siswa akan mudah memperoleh pemahaman dari konsep yang diajarkan, apabila siswa mudah memperoleh pemahaman konsep tersebut maka akan timbul motivasi dan ketertarikan untuk belajar kimia walaupun siswa seringkali menemukan konsep yang abstrak yang terkadang sulit untuk dipahami

Penggunaan analogi dalam pengajaran bukanlah merupakan hal baru. Namun analogi merupakan suatu metode atau teknik penyampaian pelajaran yang potensial hingga kini untuk memenuhi prinsip belajar bermakna dan hakikat belajar. Salah satu materi dalam kimia yang bersifat abstrak adalah termokimia, yaitu cabang ilmu kimia yang mempelajari perubahan energi. Materi ini sering dianggap sulit oleh siswa, sehingga untuk mengajarkannya diperlukan suatu teknik yang baik agar materi dapat tersampaikan dengan baik.

Berikut beberapa konsep dalam termokimia yang dapat dianalogikan:

Entalpi (∆H) suatu zat menunjukkan jumlah energi yang dimiliki zat tersebut dan tidak dapat diukur.
Materi adalah reservoar (gudang) energi. Energi dapat disimpan dan diambil dari sesuatu materi.
Analoginya:
Energi dianalogikan seperti uang yang tersimpan di bank. Uang yang terdapat dibank dapat diambil dan dapat disimpan kembali.

Pengertian Entalpi Zat.
Jumlah energy dari semua bentuk energi yang dimiliki oleh suatu zat atau system yang terdiri atas energi dalam dankerja disebut entalpi zat atau sistem. Entalpi dinyatakan dengan lambang H.
Harga entalpi suatu zat tidak dapat ditentukan, yang dapat ditentukan adalah perubahan entalpi (∆H) yang menyertai suatu proses waktu. Perubahan energi adalah besarnya energi (kalor/panas) yang dibebaskan atau yang diperlukan dari suatu reaksi kimia.
Analoginya:
Entalpi suatu zat dapat dianalogikan seperti uang yang tersimpan di bank. Nasabah hanya mengetahui jumlah uang yang ia terima atau keluar dari bank misalnya berupa pinjaman atau nasabah mengetahui besarnya uang yang ia masukkan ke bank.

Suatu reaksi dapat melepas atau menyerap kalor
Reaksi Endoterm
Analoginya:
Reaksi endoterm dianalogikan seperti nasabah yang ingin menyimpan uang di bank. Bank (sistem) menerima uang dari nasabah (lingkungan), karena bank mendapat uang yang dari nasabah, maka uang yang ada di bank bertambah.

Reaksi eksoterm
Analoginya:
Reaksi eksoterm dianalogikan seperti, seorang nasabah yang mendapat kredit dari bank. Bank (sistem) mengeluarkan uang kepada nasabah, sehingga uang yang ada di bank menjadi berkurang.

∆H reaksi dapat dihitung dengan menggunakan Hukum Hess.
Analoginya:
Menghitung ∆H reaksi dapat dianalogikan seperti seorang yang ingin pergi menuju Jakarta. Si A berangkat dari medan menuju Jakarta dengan angkutan darat dengan waktu 3 hari 2 malam. Sedangkan si B berangkat dengan menggunakan angkutan laut dengan waktu 3 hari 2 malam.

∆H reaksi dapat dihitung menggunakan Energi Ikatan.
Analoginya:
Ikatan diantara atom-atom yang saling berikatan dianalogikan seperti dua buah bola yang dihubungkan dengan pegas.
Untuk memutuskan ikatan, pegas ditarik sekuat mungkin, sehingga diperlukan energi (penambahan energi).
Jika pegas dikembalikan pada keadaan semula (pembentukan ikatan) maka dibebaskan energi (pengurangan energi).

Selamat menjadi GP

Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat bagi bapak dan ibu guru Kimia dalam mengajar di sekolah masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar